Rabu, 31 Mei 2017

Mengenal Zaha Hadid Doodle Google Hari Ini

Doodle Google Zaha Hadid (Gambar by tekno.kompas.com)
IndoNewz.com - Ada yang menarik jika kita berselancar di dunia maya menggunakan jasa mesin pencari Google. Pada hari ini (31/5/2017), Google menampilkan karikatur seorang perempuan dan sebuah bangunan unik sebagai doodle. Lalu apa maksud doodle Google pada hari ini?

Zaha Hadid (Foto by bbc.com)
Setelah dicari dari berbagai informasi yang ada, sosok karikatur perempuan itu diketahui bernama Dame Zaha Mohammad Hadid atau yang lebih dikenal dengan Zaha Hadid. Dirinya merupakan seorang arsitek asal Britania kelahiran Irak dan merupakan Muslim wanita pertama yang menerima penghargaan Arsitektur Pritzker pada tahun 2004.

Selain itu ia juga pernah meraih penghargaan Stirling pada tahun 2010 dan 2011. Zaha Hadid juga diberikan Dame Commander of the Order of the British Empire pada tahun 2012. Pada tahun 2015 ia menjadi wanita pertama yang meraih penghargaan RIBA Gold Medal langsung dari Kerajaan Inggris.

Zaha Hadid lahir pada tanggal 31 Oktober 1950 di Baghdad, Irak sebelum akhirnya memutuskan pindah ke London, Inggris pada tahun 1972. Sayangnya kini Zaha Hadid sudah meninggal dunia pada 31 Maret 2016 lalu karena serangan jantung.

Selama menjadi arsitek, sudah banyak bangunan yang dirancang olehnya. Salah satu karyanya yang cukup dikenal adalah Guangzhou Opera House yang juga tampil sebagai doodle Google hari ini.

Guangzhou Opera House karya terkenal Zaha Hadid (Foto by lifeofguangzhou.com)
Berikut adalah daftar bangunan yang pernah dibuat oleh Zaha Hadid semasa hidupnya :

-Riverside Museum di Skotlandia
-Vitra Fire Station di Jerman
-Ordrupgaard Extension di Kopenhagen
-Phaeno Science Centre di Wolfsburg
-Hungerburgbahn di Innsbruck
-Dongdaemun Design Plaza di Seoul
-Pierresvives di Montpellier
-MAXXI National Museum di Roma
-Heydar Aliyev Center di Azerbaijan

Sumber : palembang.tribunnews.com

Tag : doodle google hari ini, zaha hadid, arsitektur wanita muslim, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019