Rabu, 14 Maret 2018

Aturan Ganjil Genap di Pintu Tol Bekasi Akan Terus Dievaluasi

Penerapan aturan ganjil genap di pintu tol Bekasi Barat 1 (Foto by okezone.com)
IndoNewz.com - Kalau biasanya aturan plat nomor kendaraan ganjil genap berlaku hanya di jalan-jalan protokol, kini aturan ganjil genap sudah mulai diberlakukan di jalan tol. Sejak tanggal 12 Maret 2018 kemarin, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan uji coba aturan ganjil genap di Pintu Tol Bekasi. Aturan ganjil genap ini akan berlaku pada hari Senin - Jumat pukul 06.00 - 09.00 WIB.

Menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya, aturan ganjil genap ini bisa mengurai kepadatan arus kendaraan di ruas Tol Jakarta - Cikampek. Diperkirakan kebijakan ini akan mengurangi kemacetan hingga 40 persen.

Selanjutnya Menhub pun berharap masyarakat bisa pindah dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum. Untuk itu pihaknya juga terus meningkatkan pelayanan kendaraan umum agar masyarakat bisa terakomodasi dengan baik melalui perpindahan itu.

Aturan ganjil genap di Pintu Tol Bekasi adalah mobil pribadi dengan plat nomor akhir genap dilarang masuk pintu Tol Bekasi pada tanggal ganjil, begitu pula sebaliknya. Aturan ganjil genap juga berlaku setiap hari Senin - Jumat (Kecuali hari libur) mulai pukul 06.00 - 09.00 WIB.

Untuk mengantisipasi kebijakan tersebut, pemerintah menyediakan bus premium yang melayani rute Bekasi - Jakarta. Total bus yang beroperasi sebanyak 60 buah dan akan berangkat setiap 10 menit sekali. Tarif yang dikenakan oleh bus premium itu sebesar Rp 20 ribu.

Adapun solusi lainnya adalah penyediaan lahan parkir yang berada di Kompleks Mega City Bekasi Barat dan Grand Dhika Bekasi Timur. Kapasitas yang disediakan untuk parkir mobil itu sebanyak 2.000 mobil dengan tarif Rp 10 ribu.

Selanjutnya kebijakan ganjil genap di Pintu Tol Bekasi Barat dan Timur akan dievaluasi secara berkala. Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Bambang Prihartono. Menurutnya sampai saat ini, kebijakan tersebut menuai respon positif dari masyarakat. Karena itu pihaknya akan terus melakukan perbaikan-perbaikan untuk kenyaman masyarakat.

Sumber : news.liputan6.com

Tag : aturan ganjil genap, aturan ganjil genap di jalan tol, aturan ganjil genap di pintu tol bekasi, aturan ganjil genap pintu tol bekasi barat, aturan ganjil genap pintu tol bekasi timur, aturan ganjil genap untuk ruas tol jakarta cikampek, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019