Rabu, 28 Maret 2018

Penyebab dan Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Ilustrasi gusi bengkak (Gambar by bukumedis.com)
IndoNewz.com - Gusi bengkak sangat menyakitkannya seperti sedang saat sakit gigi. Gusi bengkak merupakan salah satu gejala dari gingivitis kronis atau peradangan gusi kronis. Gusi bengkak membuat tidak nyaman dan terkadang bisa menyebabka penderitanya menjadi bad mood. Gusi bengkak biasanya akan disertai dengan bau mulut.

Penyebab gusi bengkak bisa bermacam-macam, seperti berikut ini :

1. Plak dan Tartar

Plak adalah lapisan tak terlihat pada gigi dan gusi yang terbentuk oleh bakteri di dalam mulut. Sedangkan tartar adalah plak yang mengeras atau yang dikenal dengan karang gigi. Tartar biasanya terbentuk setelah lebih dari 10 hari.

2. Iritasi

Reaksi alergi terhadap bahan yang terkandung dalam pasta gigi, makanan, obat-obatan atau bahkan kawat gigi, dapat menyebabkan iritasi dengan gejala kemerahan dan pembengkakan pada jaringan gusi.

3. Sisa makanan

Makanan yang terselip ke bawah gusi bisa menyebabkan pembengkakan pada gusi setelah satu atau dua hari sisa makanan terselip. Pembengkakan akan mereda jika sisa makanan itu dikeluarkan atau keluar sendirinya.

4. Perbaikan gigi dengan cara yang salah

Gigi yang merenggang karena usia dan diperbaiki dengan cara yang salah, dapat memudahkan sisa-sisa makanan terjebak di sela-sela gigi. Seringkali, sisa-sisa makanan yang sudah terjebak itu sulit dibersihkan sehingga lama-kelamaan dapat menyebabkan infeksi.

5. Hormon

Beberapa wanita menemukan bahwa perubahan kadar hormon dapat menyebabkan gusi bengkak. Hal ini biasanya bersifat sementara dan biasanya terjadi saat hamil.

6. Obat-obatan tertentu

Beberapa obat seperti obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dapat membuat pertumbuhan berlebih dari jaringan gusi yang terlihat seperti bengkak.

Jika gusi sudah terlanjur bengkak, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti dibawah ini :

1. Garam

Kandungan yodium yang tinggi pada garam dapat membunuh bakteri penyebab gusi bengkak dan sakit gigi, selain itu juga dapat merontok karang gigi yang menjadi sarang kuman dan bakteri. Selain itu, garam juga dapat menjadi penghilang bau mulut. Caranya adalah campurkan 2 sdm garam dengan  segelas air, kemudian gunakan untuk berkumur sesaat setelah menggosok gigi.

2. Lemon

Lemon kaya akan vitamin C serta antioksidan yang dapat membunuh bakteri serta mengobati sariawan. Sementara itu, lemon juga mengandung asam yang berfungsi sebagai alkali alami yang menjadi keseimbangan pH pada mulut. Caranya adalah peras lemon dan ambil airnya, kemudian campurkan dengan air hangat dan gunakan untuk berkumur 3 kali dalam sehari.

3. Jeruk nipis

Jika tidak bisa mendapatkan lemon, anda bisa menggunakan jeruk nipis yang juga ampuh membasmi bakteri penyebab bau mulut, sakit gigi dan gusi bengkak. Cara penggunaannya pun juga sama seperti lemon. Peras jeruk nipis, kemudian campurkan dengan air hangat dan gunakan untuk berkumur.

4. Daun jambu biji

Daun jambu biji dapat bermanfaat sebagai anti bakteri yang dapat membunuh bakteri pada mulut dan menjaga kesehatan mulut. Cara penggunaannya bisa dengan mengunyah daun biji secara langsung, atau direbus lalu gunakan air rebusan untuk berkumur.

5. Belimbing wuluh

Belimbing wuluh mengandung asam yang dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut dan gusi bengkak. Cara menggunakannya bisa dikunyah langsung belimbing wuluh yang masih mentah atau tumbuk belimbing wuluh yang masih mentah dan tempelkan pada gusi yang bengkak.

Sumber : beritatrendz.com

Tag : gusi bengkak, penyebab gusi bengkak, solusi gusi bengkak, cara mengatasi gusi bengkak, cara menyembuhkan gusi bengkak, cara menghilangkan gusi bengkak, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019