Kamis, 08 Maret 2018

Khasiat Ajaib Daun Salam Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Daun salam efektif untuk bantu turunkan tekanan darah tinggi (Gambar by sehatpintar.com)
IndoNewz.com - Siapa sangka daun salam yang sering digunakan sebagai bumbu masakan, memiliki fungsi lain untuk kesehatan, yakni menurunkan darah tinggi. Darah tinggi atau hipertensi merupakan suatu kondisi kronis dimana tekanan darah pada dinding arteri meningkat.

Kondisi darah tinggi pada seseorang juga terjadi secara diam-diam karena jarang memiliki gejala yang jelas. Selain itu, penyebab naiknya tekanan darah tinggi pun belum diketahui secara pasti. Namun cara yang pasti untuk mengetahui apakah diri kita terkena penyakit ini adalah dengan mengukur tekanan darah tinggi tersebut. Bagi orang dewasa, mengukur tekanan darah tinggi bisa dilakukan sebanyak lima kali dalam setahun. 

Walaupun banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya menderita tekanan darah tinggi, namun ada faktor-faktor yang diduga bisa menyebabkan resiko tekanan darah tinggi, diantaranya sebagai berikut :

  • Faktor usia
  • Faktor keturunan
  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Merokok
  • Kurang olahraga
  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman keras
  • Kadar garam terlalu tinggi pada makanan
  • Stres
Penyakit tekanan darah tinggi jangan pernah dianggap sepele karena memang gejala-gejalanya yang tidak jelas. Namun menurut berbagai sumber, darah tinggi bisa menjadi pemicu berbagai penyakit, seperti stroke, penyakit ginjal, penyakit jantung, dan komplikasi lainnya.

Kembali lagi ke daun salam, bagi penderita tekanan darah tinggi sangat dianjurkan untuk mengonsumsi daun ini secara rutin. Kandungan senyawa aktif yang terdapat didalamnya mampu untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, kandungan minyak atsiri pada daun salam juga mengandung senyawa seperti saponin, polifenol, flavonoid, tanin, alkanoid, dan triterpen.

Kandungan utama yang berperan penting dalam menurunkan tekanan darah tinggi adalah senyawa flanonoid. Senyawa ini merupakan senyawa senyawa antioksidan yang dapat mencegah oksidasi dalam tubuh.

Berikut adalah cara pengolahan daun salam untuk menurunkan darah tinggi :

1. Siapkan 40 gram daun salam segar dan 800 cc air
2. Cuci bersih daun salam terlebih dahulu
3. Setelah itu, rbus daun salam menggunakan air sudah disiapkan tersebut
4. Tunggu beberapa saat hingga air menguap dan menyisakan setengahnya
5. Jika sudah, angkat dan saring lalu tuangkan air rebusan salam ke dalam gelas
6. Minum ramuan daun salam ini secara rutin 2 kali pagi dan 2 kali sore.
7. Jangan lupa juga untuk selalu menerapkan pola hidup sehat.

Menjaga kesehatan dengan mengikuti pola hidup sehat adalah hal utama yang harus dilakukan. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Sumber : infokitasemua.com

Tag : daun salam, penyakit darah tinggi, tekanan darah tinggi, khasiat daun salam untuk darah tinggi, manfaat daun salam untuk darah tinggi, kegunaan daun salam untuk darah tinggi, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019