Senin, 26 Maret 2018

Mulai 1 April 2018, Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Kembali Dibuka

Salah satu papan informasi yang ada di Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (Foto by wisatahalimun.co.id)
IndoNewz.com - Kabar gembira buat yang suka mendaki gunung, mulai tanggal 1 April 2018, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang terletak di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat kembali dibuka.

Sebelumnya Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) menutup kawasan wisata pendakian tersebut sejak tanggal 1 Januari - 31 Maret 2018. Alasan dibalik penutupan kawasan tersebut dalam rangka pemulihan ekosistem.

Selain itu, alasan lain ditutupnya jalur pendakian sebagai langkah antisipasi karena prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) selama Januari - Maret 2018 akan turun hujan deras.

Penutupan jalur pendakian yang dimulai tangal 1 Januari hingga 31 Maret 2018, sesuai dengan surat edaran nomor: SE.1720/BBTNGGP/Kabidtek/Tek.P2/12/2017. Hal itu disampaikan oleh Plt Kepala BBTNGGP Herry Subagiadi dalam surat edarannya pada Sabtu, 30 Desember 2017 lalu.

Mengenai dibukanya kembali jalur pendakian tanggal 1 April 2018, Kepala Bidang Teknis Konservasi  BBTNGGP, Mimi Murdiah mengatakan bahwa hal tersebut sudah sesuai dengan rencana semula.

Namun untuk bisa masuk ke kawasan pendakian itu, akan mulai diberlakukan sistem yang baru. Sistem baru yang akan dilaksanakan antara lain pengambilan surat izin masuk kawasan konservasi (Simaksi) dan pemeriksaan kesehatan terkini. Pintu masuk tetap ada tiga, yaitu Pintu Cibodas di Kantor Balai Besar TNGGP, pintu Gunung Putri di kantor Resor Gunung Putri, dan Selabintana di Kantor Bidang Sukabumi di Jalan Perbawati.

Sumber : regional.kompas.com

Tag : balai besar taman nasional gunung gede pangrango, wisata pendakian taman nasional gunung gede pangrango, penutupan taman nasional gunung gede pangrango, pembukaan kembali taman nasional gunung gede pangrango, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019