Selasa, 23 Januari 2018

Makanan dan Minuman Yang Dipantang Penderita Asam Urat dan Diabetes

Ilustrasi gambar by deherba.com
IndoNewz.com - Bagi penderita penyakit asam urat atau diabetes, biasanya memiliki kesamaan mengenai makanan yang harus dihindari. Tujuan dari menghindari mengonsumsi makanan yang dipantang ialah guna mencegah kambuhnya penyakit yang diderita.

Bagi penderita penyakit komplikasi asam urat dengan diabetes melitus, sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi dan glukosa tinggi. Berikut ini adalah daftar makanan yang sebaiknya dihindari bagi penderita asam urat dan diabetes melitus.

1. Daging
Jenis daging yang dilarang untuk dikonsumsi, seperti daging merah, daging unggas, dan jeroan. Hal ini dikarenakan daging kaya akan protein padat dan memiliki banyak kolesterol sehingga mengandung glukosa tinggi. Selain itu, makanan berkaldu seperti soto dan bakso, sebaiknya juga dihindari.

2. Makanan Laut
Seafood atau makanan laut yang harus dihindari seperti kepiting, cumi-cumi, dan ikan asin. Ini karena makanan laut tersebut memiliki kandungan kolesterol, zat purin, dan lemak yang tinggi yang dapat menyebabkan diabetes makin parah bila dikonsumsi.

3. Makanan hasil olahan susu
Produk olahan susu yang harus dihindari antara lain susu full cream, keju, yogurt, es krim, dan margarin. Produk-produk tersebut memiliki kandungan zat purin dan gula yang tinggi.

4. Makanan bersantan dan gorengan
Makanan bersantan dan gorengan dilarang untuk dikonsumsi karena banyak mengandung lemak jahat dan zat purin karena mengandung kolesterol. Selain menyebabkan penyakit asam urat dan diabetes bisa kambuh, mengonsumsi makanan bersantan dan gorengan bisa menyebabkan obesitas. Sebaiknya hindari makanan yang digoreng, dibakar, atau dipanggang dan disarankan hanya mengonsumsi makanan yang direbus. Makanan cepat saji atau junk food juga sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat dan diabetes.

5. Makanan dengan karbohidrat tinggi
Pengidap penyakit asam urat dan diabetes, sebaiknya menghindari mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi, seperti nasi putih. Adapun makanan yang bisa untuk menggantikan nasi putih adalah roti dari gandum utuh, jagung, atau beras merah karena rendahnya kadar karbohidrat yang terkandung dalam makanan tersebut.

6. Buah
Selain menyehatkan, ternyata ada juga buah yang dihindari oleh penderita penyakit asam urat dan diabetes. Buah-buahan yang dihindari antara lain semangka, durian, mangga, rambutan, kismis, anggur, dan buah-buah kering. Hal ini dikarenakan buah-buah itu terlalu manis, berlemak, dan memiliki kandungan zat purin yang tinggi.

7. Minuman
Bagi penderita asam urat dan diabetes sebaiknya menghindari minuman seperti sirup, alkohol, soda, dan minuman lainnya yang kaya akan zat purin dan gula.

Sumber : beritaharianmu.com

Tag : penderita asam urat, penderita diabetes, penderita komplikasi asam urat dan diabetes, makanan dan minuman yang dihindari pengidap asam urat dan diabetes, makanan dan minuman yang dipantang pengidap asam urat dan diabetes, makanan dan minuman yang dilarang pengidap asam urat dan diabetes, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019