Senin, 11 Desember 2017

Mengenal Max Born Google Doodle Hari Ini

Max Born jadi Google Doodle di hari ulang tahunnya yang ke-135 (Gambar by pikiran-rakyat.com)
IndoNewz.com - bagi yang menyukai bidang Fisika, pasti tidak akan aneh dengan istilah Mekanika Kuantum, salah satu bab Fisika yang mempelajari materi pada tingkat yang sangat rinci. Mekanika kuantum turut mendorong berbagai penemuan penting, seperti komputer pribadi, laser, dan perangkat pencitraan medis (MRI).

Pada hari ini Senin (11/12/2017), Google merayakan hari ulang tahun Fisikawan asal Jerman bernama Max Born yang ke-135 tahun. Untuk mengenang jasa peraih hadiah Nobel atas kontribusinya terhadap bidang mekanika kuantum, maka di hari kelahirannya ini Google membuat Google Doodle Max Born.

Max Born mendapat hadiah Nobel pada tahun 1954 untuk Born Rule, yaitu sebuah teori kuantum yang menggunakan probabilitas matematis untuk memprediksi lokasi partikel gelombang dalam sistem kuantum.

Pada teori sebelumnya, menjelaskan persamaan gelombang merupakan pengukuran yang tepat, yang melibatkan percobaan pengukuran fisika yang rumit. Max Born menemukan bahwa matriks atau susunan angka dengan baris dan kolom dapat menghasilkan hasil yang serupa, bergantung pada prediksi probabilitas.

Teori revolusioner milik Max Born ini sekarang memberikan dasar untuk hampir semua prediksi fisika kuantum. Matematika kuantum telah mengubah peta perkembangan teknologi.

Hal inilah yang membuat Max Born dijadikan Google Doodle bertepatan dengan hari kelahirannya. Max Born sendiri fisikawan asal Jerman yang lahir di Polandia pada tahun 1882. Dirinya memutuskan untuk kabur ke Inggris pada tahun 1933.

Selama hampir 20 tahun berada di Inggris, Max Born memutuskan untuk kembali ke Gottingen Jerman hingga tutup usia pada 5 Januari 1970.

Sumber : viva.co.id

Tag : google doodle hari ini, max born, siapa itu max born, teori kuantum max born, max born peraih nobel fisika kuantum, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019