Senin, 11 Desember 2017

Jakarta, Jawa Barat, dan Banten Gelar Imunisasi Difteri Mulai 11 Desember 2017

Apa itu difteri, gejala dan cara penanganannya? (Gambar by surabaya.tribunnews.com)
IndoNewz.com - Saat ini Indonesia sedang dihebohkan dengan virus difteri. Tercatat sudah ada 20 provinsi di Indonesia yang melaporkan mengenai kasus difteri ini kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Menurut data yang ada, difteri merupakan infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium. Gejala yang ditimbulkan dari infeksi difteri, seperti sakit tenggorokan, demam, dan terbentuknya lapisan pada amandel dan tenggorokan. Dalam kasus lanjutan, racun yang dihasilkan dari bakteri Corynebacterium dapat menyebar ke organ tubuh lainya, seperti jantung dan sistem saraf. Selain itu, pada beberapa pasien penderita difteri juga ditemukan infeksi kulit.

Infeksi difteri yang menyerang Indonesia termasuk Kejadian Luar Biasa (KLB). Oleh karenanya Kemenkes akan menggelar imunisasi serentak tahap pertama di 3 provinsi, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten mulai tanggal 11 Desember 2017.

Alasan pemilihan ketiga provinsi itu menjadi prioritas berdasarka pertimbangan kepadatan penduduk sehingga proses penularannya akan lebih cepat. Sedangkan daerah lainnya akan dimulai tahun 2018 mendatang.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan, Oscar Primadi menghimbau agar mengikuti imunisasi yang diadakan. Menurut Oscar KLB Difteri yang terjadi, statusnya masih dalam tahap early warning. Jika statusnya sudah mewabah, maka perlu dilakukan respon Outbreak Response Immunization (ORI).

Untuk saat ini, Oscar menilai kalau imunisasi merupakan cara yang ampuh untuk menangani difteri. Oleh karenanya, dia menghimbau masyarakat untuk mendatangi posyandu, puskesmas, atau fasilitas kesehatan lainnya untuk mendapatkan imunisasi difteri secara lengkap, komplit, dan tuntas. Masyarakat tidak perlu ragu untuk melakukan imunisasi karena tidak dipungut biaya alias gratis.

Sumber : news.detik.com

Tag : apa itu difteri, kementerian kesehatan, kementerian kesehatan lakukan imunisasi difteri gratis, imunisasi untuk cegah difteri, kemenkes lakukan kejadian luar biasa di tiga provinsi, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019