Senin, 02 Oktober 2017

Selamat Hari Batik Nasional, Jangan Lupa Pakai Batik Ya!

Proses pembuatan motif batik menggunakan canting (Foto by slalu.com)
IndoNewz.com - Setiap tanggal 2 Oktober, masyarakat Indonesia akan merayakan Hari Batik Nasional, dimana pada hari itu, mayarakat akan mengenakan batik sebagai tanda cinta kepada warisan budaya asli Indonesia. 

Tanggal 2 Oktober dipilih sebagai Hari Batik Nasional karena pada tanggal 2 Oktober 2009 lalu, Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan UNESCO telah menetapkan Batik Indonesia sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi.

Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia. Jadi sudah sepatutnya kita sebagai masyarakat Indonesia cinta akan warisan budaya yang satu ini. Dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional, disarankan untuk semua lapisan masyarakat agar mengenakan batik.

Dari laman UNICEF dijelaskan kalau Batik Indonesia disebut sebagai bagian hidup orang Indonesia. Ia telah menjadi bagian sejak kelahiran hingga meninggalnya orang di Indonesia. Karena itulah, kain batik dinobatkan sebagai identitas budaya masyarakat Indonesia. Kehadirannya melalui warna dan desain simbolik menjadi pengungkap kreatifitas dan spiritualitas orang Indonesia.

Batik sendiri berasal dari bahasa Jawa, yaitu amba yang berarti menulis dan nitik yang berarti titik. Setiap motif batik yang dibuat, terlebih dahulu membuat pola berupa titik-titik. Walau pola pembuatan batik awalnya mirip, namun motif yang dihasilkan sangat beragam.

Dulu batik hanya digunakan oleh orang-orang tua dan acara resmi saja karena terkesan jaman dulu atau jadul. Kini pemakaian batik mulai banyak digunakan oleh anak-anak muda dalam acara resmi atau tidak resmi. Beragam model pakaian dengan motif batik sudah banyak dijumpai saat ini.

Kini batik tampil lebih berkelas dan terlihat elegan. Bukan hanya orang Indonesia saja yang memakai batik, namun orang dari luar negeri pun tidak sedikit yang menyukai kekayaan budaya Indonesia yang satu ini.

Jadi Selamat Hari Batik Nasional 2017. Sudah pakai batik atau belum?

Sumber : viva.co.id

Tag : hari batik nasional, perayaan hari batik nasional, semangat hari batik nasional, cinta batik indonesia, cinta indonesia, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Peduli dan Berbagi