Jumat, 09 Juni 2017

PT KAI Siapkan 6 Kereta Api Ekonomi Premium Untuk Mudik Lebaran

Penampakan kereta api ekonomi premium (Foto by detik.com)
IndoNewz.com - Tanpa terasa bulan Ramadhan sudah memasuki hari yang ke-14. Sejumlah persiapan untuk mudik lebaran sudah harus dipersiapkan mulai dari sekarang. Seperti kesehatan dan juga tiket mudik. Untuk tiket mudik, sebelumnya PT Kereta Api Indonesia (KAI) sudah menjual tiket untuk mudik sebelum bulan Ramadhan tiba secara online.

Kini untuk mengantisipasi kenaikan jumlah pemudik, PT KAI menjelaskan akan menyiapkan tambahan 6 rangkaian kereta api ekonomi premium baru untuk melayani para pemudik lebaran. Rencananya kereta api yang dipesan dari PT Industri Kereta Api (Inka) akan menjual tiketnya pada tanggal 14 Juni mendatang.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Direktur PT KAI, Edi Sukmoro usai melakukan inspeksi pelayanan penumpang di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat 9 Juni 2017.

Nantinya tiap rangkaian kereta akan memiliki 11 gerbong, sehingga totalnya menjadi 66 gerbong. Sedangkan jumlah kursi yang tersedia untuk kereta api ekonomi premium berjumlah 6.000 kursi. Untuk perjalanannya sendiri akan dimulai sejak tanggal 15 Juni - 6 Juli 2017 mendatang.

Lebih lanjut Edi Sukmoro menambahkan kalau penjualan tiket untuk kereta api ekonomi premium baru bisa dilakukan mulai tanggal 14 Juni mendatang. Hal ini dikarenakan belum ada proses serah terima gerbong yang dipesan ke PT Inka kepada PT KAI. Jadi menurut Edi Sukmoro, pihaknya tidak mau ambil resiko karena takut masyarakat bisa marah jika barangnya belum ada.

Untuk tarifnya sendiri, Pejabat Humas PT KAI Daop 1, Suprapto menjelaskan akan menggunakan tarif atas-bawah sesuai dengan kereta api yang relasinya sama dan menginduk ke aslinya. Suprapto kemudian mencontohkan kereta ekonomi rasa eksekutif itu menjadi kereta tambahan. Misalnya kereta rute Stasiun Pasar Senen-Stasiun Lempuyangan menjadi KA Bogowonto tambahan.

Adapun rute kereta itu adalah sebagai berikut :

1. KA Bogowonto relasi Pasar Senen-Lempuyangan, tarif Rp 75.000-285.000
2. KA Gayabaru Malam Selatan, relasi Pasar Senen-Surabaya Gubeng, tarif Rp 70.000-190.000
3. KA Tawang Jaya, relasi Pasar Senen-Semarang Poncol, tarif Rp 50.000-140.000
4. KA Mantab Lebaran relasi Pasar Senen-Madiun, tarif Rp 50.000-175.000

Kereta api tambahan yang disiapkan oleh PT KAI disebut sebagai ekonomi premium karena memiliki berbagai fasilitas seperti yang ada pada kelas eksekutif. Fasilitas itu sendiri mulai dari pendingin udara, televisi, kursi yang bisa diatur kenyamanannya, hingga toilet yang bersih dan nyaman.

Sumber : news.detik.com

Tag : kereta api tambahan, kereta api ekonomi premium, pt kai, pt inka, kereta api mudik lebaran, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019