Minggu, 04 Juni 2017

Cara Sederhana Mengurangi Rasa Lapar dan Haus Saat Puasa

Illustrasi gambar by mranggenavian.blogspot.com
IndoNewz.com - Bulan suci Ramadhan sudah datang menghampiri umat Muslim di seluruh penjuru dunia. Sebagai umat Muslim yang taat sudah sepatutnya untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Namun, sering kali godaan yang datang cukup besar sehingga banyak yang kurang bisa untuk menahan lapar dan haus selama puasa.

Nah untuk menghadapi masalah tersebut, ada cara-cara yang bisa dilakukan untuk bisa menahan godaan lapar dan haus selama puasa. berikut adalah cara sederhana yang bisa dilakukan :

1. Niatkan diri untuk berpuasa

Segala sesuatu harus dimulai dengan niat, termasuk puasa. Sebaiknya niat yang kita lakukan haruslah niat yang baik, benar, dan ikhlas karena Allah Ta'ala, bukan karena ada maunya. Jika niat kita sudah ikhlas lillahi ta'ala karena Allah SWT, insya Allah kita akan mampu menahan godaan lapar dan haus selama puasa.

2. Hindari kafein

Untuk orang yang sedang puasa ada baiknya untuk menghindari minuman yang mengandung kafein. Sebaiknya tidak mengonsumsi kafein saat berbuka puasa karena tidak baik untuk lambung yang dalam keadaan kosong selama puasa. Hindari juga kafein saat sahur karena akan membuat tubuh terhidrasi dan membuat tubuh cepat haus.

3. Penuhi asupan glukosa

Mengonsumsi makanan dan minuman yang manis saat berbuka puasa sangat dianjurkan karena dapat mencukupi asupan glukosa yang dibutuhkan tubuh agar stamina kembali pulih setelah puasa. Namun, makanan dan minuman yang dikonsumsi bukan hanya sekedar manis saja, namun manisnya harus yang sehat dan alami.

4. Jangan sering-sering melihat jam

Puasa yang harus dijalani memang sangat lama, kurang lebih 12 jam kita menahan lapar dan haus. Saat berbuka adalah saat yang dinantikan semua orang. Namun tidak dianjurkan untuk sering-sering melihat jam karena hanya akan membuat kita berpikir dan merasa bahwa waktu buka puasa masih sangat lama.

5. Jangan mengingat makanan dan minuman

Jika sedang berpuasa sebaiknya jangan mengingat-ingat soal makanan dan minuman karena selain tidak baik juga akan membuat puasa bisa batal karena tidak bisa tahan terhadap godaan. Membicarakan makanan dan minuman selama puasa juga sebaiknya dihindari karena dapat mengurangi pahala puasa kita.

6. Isi waktu luang

Saat sedang puasa, tubuh akan terasa lemas dan menyebabkan kita malas untuk beraktivitas. Sebaiknya rasa malas itu dihindari dengan mengisi waktu luang dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, seperti bekerja, belajar, mengaji, olahraga, dan lain sebagainya.

7. Makan sahur terlalu mepet waktunya

Makan sahur yang terlalu mepet waktunya dengan imsak sebaiknya dihindari. Karena waktu yang sedikit itu, makan dan minum jadi tidak bisa terkontrol karena dikejar waktu, akhirnya pencernaan jd kurang baik dan menyebabkan tubuh menjadi cepat lapar dan haus.

Itu dia cara-cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa lapar dan haus selama puasa. Cara-cara diatas juga sudah umum dilakukan dan sudah banyak juga di share di internet. Selamat mencoba !

Sumber : kesehatanmanusia.com

Tag : puasa ramadhan, menahan lapar dan haus saat puasa, cara mengurangi rasa lapar dan haus selama puasa, trik mengurangi rasa lapar dan haus selama puasa, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019