Senin, 05 Juni 2017

Mengenal Sexomnia, Penyebab dan Cara Penyembuhannya

Ilustrasi gambar by health.detik.com
IndoNewz.com - Jika mendengar kata 'insomnia' pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Insomnia merupakan suatu penyakit sulit tidur di kala malam hari. Namun bila mendengar kata 'sexomnia', banyak yang belum mengetahui mengenai istilah tersebut.

Mungkin Anda sering mendengar orang yang tidur sambil berjalan (sleepwalking) dan orang tersebut tidak sadar dengan apa yang dilakukannya ketika terbangun di pagi hari. Hal yang sama juga terjadi pada penderita sexomnia, yaitu melakukan hubungan seksual atau perilaku seksual sambil tertidur dan tidak sadar apa yang sudah dilakukannya saat bangun di pagi hari.

Orang yang mengalami sexomnia akan melakukan hal-hal yang bersifat seksual, seperti melakukan hubungan seks, masturbasi, hingga pemerkosaan. Hal ini sangatlah membahayakan untuk dirinya sendiri maupun orang lain yang menjadi korban.

Lalu apa sebenarnya yang menjadi penyebab dari sexomnia tersebut? Beberapa pakar kesehatan menyebutkan kalau sexomnia pada dasarnya terjadi karena parasomnia, yaitu gangguan yang melibatkan kegiatan fisik yang tidak diinginkan selama tidur. Pada saat itu, otaknya tidak bisa untuk membedakan apakah sudah tertidur atau masih terjaga.

Orang yang menderita sexomnia mungkin menyadari bahwa dia terjaga dan sadar apa yang dilakukannya. Hanya saja dia sedang tertidur dan tidak memiliki kontrol atas apa yang dilakukannya. Para ahli kesehatan banyak yang menyebutkan kalau gangguan semacam ini bisa disebabkan oleh alkohol, narkoba, stres. dan kurang tidur.

Orang yang menderita gangguan sexomnia cenderung untuk mengabaikannya dan tidak mau meminta pertolongan medis guna menyembuhkan penyakitnya. Rasa malu yang terjadi pada si penderita dianggap sebagai pemicu mereka enggan untuk mendatangi tenaga medis untuk meminta pertolongan.

Namun ada cara-cara yang bisa dilakukan bagi penderita sexomnia untuk mengurangi penyakit tersebut. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Kurangi stres
2. Hindari apapun yang memiliki konten pornografi didalamnya karena dapat merangsang imajinasi anda tentang seksual 
3. Hindari konsumsi alkohol 
4. Lakukan aktivitas hingga anda lelah seperti olahraga atau apapun yang anda sukai sebelum tidur sehingga begitu waktu tidur tiba anda sudah kelelahan dan dapat tidur dengan pulas
5. Kunjungilah psikolog atau psikiater untuk mengatasi masalah anda ini, karena jika tidak hilang dengan cara diatas, anda dapat diberikan obat untuk anda konsumsi.

Sumber : klikdokter.com

Tag : sexomnia, apa itu sexomnia, mengenal sexomnia, penyebab sexomnia, cara mengobati sexomnia, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019