Rabu, 07 Juni 2017

Pola Hidup Tidak Sehat dan Munculnya Penyakit Kanker

Ilustrasi gambar by guetau.com
IndoNewz.com - Bila mendengar kata 'Kanker' pasti sudah terbayang penyakit yang menakutkan. Menurut beberapa penelitian, kanker termasuk penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Setiap orang yang divonis penyakit kanker pasti akan shock mendengarnya dan tidak menyangka bahwa dirinya menderita kanker.

Kanker sendiri merupakan suatu penyakit pertumbuhan sel dalam organ tubuh yang timbul dan berkembang biak secara abnormal, tidak terkendali, dan cepat. Kanker bukanlah penyakit yang menular, seseorang yang sehat tidak akan ditularkan kanker oleh orang lain. Sampai saat ini belum ada bukti yang bisa membuktikan kalau melakukan kontak fisik, seperti hubungan seksual, berciuman, sentuhan, berbagi makanan, atau percikan melalui udara dapat menularkan kanker.

Namun ada beberapa kejadian yang bisa menularkan kanker, yaitu :

1. Penularan kanker setelah melakukan transplantasi organ
2. Penularan kanker selama proses kehamilan
3. Penularan kanker melalui kuman atau bakteri
4. Penularan kanker karena perubahan DNA

Selain yang sudah disebutkan diatas, penyebab seseorang menderita kanker adalah berawal dari pola hidup yang tidak sehat. Berikut adalah pola hidup tidak sehat yang harus dihindari :

1. Kurang tidur
Tidur merupakan salah satu waktu yang baik untuk menghilangkan racun di tubuh. Jika kurang tidur, tubuh akan kehilangan waktu untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Racun yang tersimpan dalam tubuh dapat beresiko menimbulkan penyakit kanker.

2. Makan junk food
Makanan junk food memang sangat digemari oleh banyak orang karena praktis dan mudah untuk ditemui. Namun harus diingat untuk tidak mengonsumsi makanan junk food secara berlebihan. Kandungan bahan pengawet dan msg dalam makanan junk food dapat merusak organ tubuh anda dan beresiko juga memicu timbulnya kanker. Untuk itu perlu diimbangi dengan konsumsi makanan yang sehat agar berimbang.

3. Minum alkohol
Mengonsumsi alkohol memang tidak baik untuk kesehatan karena dapat merusak organ dalam tubuh. Selain itu kandungan yang terdapat dalam alkohol disinyalir bisa memicu timbulnya penyakit kanker.

4. Kurang olahraga
Kurangnya berolahraga dan melakukan aktivitas fisik dapat meningkatkan resiko penyakit kanker. Usahakan berolahraga selama satu sampai dua jam setiap minggunya agar tubuh bisa mengeluarkan racun-racun yang terdapat dalam tubuh.

5. Konsumsi gula
Terlalu banyak mengonsumsi gula secara berlebihan akan menyebabkan naiknya kadar gula darah dan insulin. Jika insulin naik secara terus menerus tanpa terkontrol, maka bisa menyebabkan sel kanker berkembang biak.

6. Obesitas
Pola makan yang buruk yang menjadi penyebab obesitas pada seseorang. Kadar lemak dalam tubuh yang tinggi bisa memicu timbulnya penyakit kanker. 

Sumber : lifestyle.liputan6.com

Tag : penyakit kanker, penyebab penyakit kanker, pola hidup tidak sehat, resiko penyakit kanker, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019