Sabtu, 10 Desember 2022

Kroasia Berhasil Kalahkan Brasil Dan Lolos Ke Semifinal

 


    Kutukan ranking 1 dunia tak pernah juara Piala Dunia masih berlaku. Brasil menjadi korban terbaru yang membuat mereka harus melupakan mimpi meraih gelar keenam Piala Dunia.

Ya, langkah Brasil di Piala Dunia 2022 terhenti pada babak perempat final. Kroasia menjadi penjegal raksasa sepak bola dunia tersebut. Dalam laga delapan besar di Stadion Education City, Al Rayyan, Qatar, Jumat (9/12/2022) malam WIB, Brasil kalah lewat adu penalti. 

Padahal, tiket semifinal sudah sempat di genggaman setelah Neymar menjebol gawang Kroasia pada babak pertama perpanjang waktu, tepatnya menit ke-105+1. Namun pada 15 menit kedua perpanjangan waktu, Kroasia bisa membalas.

 Pemain pengganti, Bruno Petkovic, menjebol gawang Alisson pada menit ke-117 yang membuat skor imbang 1-1 selama 120 menit. Alhasil, adu penalti menjadi penentu siapa yang berhak lolos ke semifinal. 

Kroasia kembali membuktikan kapasitasnya sebagai raja adu penalti di Piala Dunia karena mampu melewati hadangan Brasil dengan kemenangan 4-2. 

Penjaga gawang Dominik Livakovic menahan bola tendangan Rodrygo yang menjadi eksekutor pertama Brasil. Marquinhos pun gagal mencetak gol karena bola tendangannya membentur tiang.

Ini menjadi kemenangan keempat Kroasia di pentas Piala Dunia lewat drama adu penalti. Artinya, Luka Modric dkk menorehkan rekor 100 persen karena selalu menang dalam empat kesempatan tersebut.

Terlepas dari kehebatan Kroasia dalam hal adu penalti, ada statistik yang menarik dari fakta tersebut. Squawka mencatat, sejak ranking FIFA diperkenalkan pada 1992, tim yang datang ke Piala Dunia dengan status nomor 1 dunia selalu gagal juara. 
Brasil menjadi korban terbaru. Neymar dkk saat ini menempati ranking 1 dunia dan disingkirkan Kroasia yang ada di peringkat ke-12 FIFA.





0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Peduli dan Berbagi