Sabtu, 17 Desember 2022

Viral Iptu Umbaran, 14 Tahun Menyamar Sebagai Wartawan Sekarang Kapolsek


    Umbaran Wibowo sebelumnya dikenal sebagai wartawan stasiun televisi.  Namanya kemudian ramai diperbincangkan setelah diangkat sebagai Kapolsek Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah pada Senin (12/12/2022).

Iptu Umbaran menggantikan AKP Lilik Eko Sukaryono yang sebelumnya mengisi posisi tersebut. Setelah diangkat sebagai kapolsek, Umbaran mengakui, profesinya sebagai wartawan merupakan bagian dari tugas yang diterimanya.

"Terkait saya dulu pernah aktif di jurnalistik, itu adalah bagian dari pelaksanaan tugas dan perintah pimpinan," kata Umbaran Wibowo, dikutip dari pemberitaan Kompas.com.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menyatakan bahwa Iptu Umbaran Wibowo merupakan anggota Polri. Pada Senin (12/12/2022), Umbaran dilantik menjadi Kepala Polsek Kradenan di Markas Kepolisian Resor Blora.

Wartawan madya dari TVRI Jateng

Pelantikan itu menjadi ramai lantaran sejumlah pihak selama ini mengaku mengenal Umbaran sebagai wartawan di salah satu media nasional. Menurut Iqbal, Umbaran pernah bekerja sebagai wartawan. 

Umbaran disebut Iqbal bekerja sebagai kontributor di TVRI untuk wilayah Pati. Tak hanya itu, dia juga terdaftar sebagai wartawan madya dari TVRI Jateng di laman dewanpers.or.id.

Berdasarkan data dari situs yang diakses Rabu (14/12/2022) pukul 14.30 WIB, Umbaran mendapatkan sertifikasi wartawan melalui lembaga uji Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dengan nomor 8953-PWI/WDya/DP/I/2018/19/10/84.

Dari penelusuran Kompas.com, selain mejadi wartawan, Umbaran Wibowo juga pernah menjalani profesi lainnya.  Di antaranya menjadi ketua penghobi bonsai Blora, ketua panitia pendaftaran pilkades, ketua liga futsal wartawan, hingga sempat mendaftar Panwascam. 

Rekan sejawat terkejut

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Blora, Heri Purnomo mengaku dirinya mengetahui jika Umbaran adalah wartawan.  Oleh karena itu dia terkejut saat tiba-tiba Umbaran dilantik sebagai Wakapolsek Blora pada 2021 lalu.

”Ya, tidak nyangka saja. Karena dulu setiap hari liputan bareng, eh malah sertijab di Polres Blora,” ucap Heri Purnomo kepada tribunmuria.com, Rabu (14/12/2022).

Heri Purnomo tidak menyangka jika orang yang selama ini kerap melakukan peliputan bersamanya ternyata sudah berpangkat inspektur satu (Iptu).

Penjelasan Polda Jateng

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Iqbal Alqudusy membenarkan jika Iptu Umbaran pernah bekerja sebagai wartawan TV. Namun, ia bukan pegawai tetap.

"Iptu Umbaran betul anggota Polri dan benar pernah bekerja sebagai kontributor di TVRI Jateng untuk wilayah Pati," kata Iqbal, Rabu (14/12/2022). Menurutnya, penugasan Umbaran sebagai intelijen telah berakhir pada Januari 2021 dan dan pindah menjadi Kanit Intel di Polres Blora.

Setelah itu Iptu Umbaran diangkat menjadi Wakapolsek Blora hingga akhirnya dia diangkat menjadi Kapolsek Kradenan seperti yang diberitakan baru-baru ini.

Ia juga membantah terkait kabar pemecatan Iptu Umbaran Wibowo yang kini menjabat sebagai Kapolsek Kradenan, setelah viral. "Isu pencopotan yang bersangkutan dari jabatannya selaku Kapolsek tidak benar," tegasnya.

Sumber: https://www.kompas.com/


0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Peduli dan Berbagi