Jumat, 25 Januari 2019

Waspada 9 Aplikasi Penyebar Virus dan Penguras Baterai Ponsel

Ilustrasi aplikasi penyebar virus pada smartphone (Gambar by harianeko.com)
IndoNewz.com - Keamanan dan kenyamanan dalam menggunakan aplikasi untuk smartphone adalah syarat yang harus dipenuhi oleh para pembuat aplikasi. Namun tidak sedikit para pembuat aplikasi nakal yang dengan sengaja membuat aplikasi dengan tujuan untuk merusak ponsel Anda. Aplikasi yang dibuat itu apabila Anda install, maka secara diam-diam akan meracuni ponsel dengan spam iklan. Dengan iklan yang terus-terusan muncul di ponsel, akan menyebabkan virus jahat menginfeksi handset dan menguras baterai.

Untuk itu, Anda perlu berhati-hati jika ingin melakukan instal aplikasi pada ponsel. Pilihlah provider aplikasi yang terpercaya, misalnya Google Play Store atau Apple App Store. Namun provider seperti Google Play Store pun juga kecolongan dengan aplikasi-aplikasi licik tersebut. Google sendiri telah mengatakan telah memburu dan menghapus aplikasi yang menyimpang dari pasar digital.

Dilansir dari Mirror tanggal 23 Januari 2019, Lukas Stefanko, peneliti keamanan itu mengatakan aplikasi tersebut dimaksudkan untuk mengubah ponsel menjadi remote control virtual untuk televisi atau AC.

Saat aplikasi itu akan dioperasikan, Anda akan mengalami layar 'tidak berfungsi'. Ketika keadaan tidak berfungsi itulah, malware mulai masuk ke dalam perangkat. Mirror pun mengungkapkan kalau aplikasi itu telah diunduh lebih dari 8 juta kali.

Bagi yang sudah mendownloadnya dan masih terpasang, sebaiknya segera dihapus untuk keamanan melalui menu pengaturan. Semua aplikasi itu dibuat oleh pengembang bernama Tools4TV dan berikut adalah kesembilan aplikasi itu.

- Remote control for TV and home electronics
- Remote for television for free
- Air conditioner remote control
- TV remote controlling
- Remote for air conditioner
- Remote control for the car (prank)
- Universal TV remote controller
- TV remote controller
- Remote control

Sebagai informasi, selama ini problem melawan aplikasi yang dipenuhi malware merupakan masalah berkelanjutan bagi pengguna smartphone.

Simon Migliano, kepala penelitian di Top10VPN.com mengatakan: "Ada sesuatu yang sangat bertentangan dengan uji tuntas Google dan Apple jika mereka mengizinkan perangkat lunak palsu dan bahkan berbahaya masuk ke toko aplikasi mereka."

Dengan kata lain, proteksi yang ditawarkan oleh toko aplikasi seperti Play Store, seolah terkesan sangat rapuh.

Aplikasi Tools4TV yang ada di PlayStore (Gambar by viva.co.id)
Sumber : viva.co.id

Tag : aplikasi malware, aplikasi penguras baterai, aplikasi penuh iklan, aplikasi spam iklan, aplikasi remote control, aplikasi virtual remote control, aplikasi palsu playstore, aplikasi palsu appstore, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019