Minggu, 20 Januari 2019

Cara Aman Berkendara Motor di Jalan Licin Yang Bisa Dicoba

Waspada terhadap jalan yang basah dan licin saat berkendara motor. (Foto by okezone.com)
IndoNewz.com - Ketika memasuki musim hujan, pengendara kendaraan bermotor harus lebih waspada. Terutama saat berkendara dalam kondisi hujan deras, dimana pandangan menjadi kurang jelas. Selain itu, jalanan yang basah juga membuat kondisi jalan menjadi lebih licin. Hujan yang mengguyur membuat jalanan basah dan licin.

Dilansir dari www.astra-honda.com, ada beberapa tips aman berkendara motor di jalan yang licin agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pertama, menjaga jarak dengan pengendara lainnya yang ada di depan. Sebab pada kondisi jalan yang licin, untuk menghentikan laju kendaraan perlu jarak aman yang cukup.

Kedua, menyalakan lampu utama. Lampu utama perlu dinyalakan untuk menambah jarak pandang, sekaligus untuk membantu pengendara lain melihat posisi kita.

Ketiga, pastikan keadaan aman saat ingin menyalip kendaraan di depan. Usahakan kondisi jalan dari arah berlawanan benar-benar kosong, sehingga motor bisa menyalip dengan aman.

Keempat, hindari berbelok dengan posisi terlalu patah. Berbelok terlalu miring apalagi dengan kecepatan tinggi akan membuat ban motor kehilangan daya grip atau cengkeraman ke permukaan aspal.

Kelima, kurangi kecepatan motor saat melewati jalan yang becek, berpasir, dan berkerikil. Selain itu, perhatikan juga kondisi jalan saat ingin menerjang genangan air. Sebab bisa jadi di genangan air tersebut ada lubang yang besar.

Keenam, hindari penggunaan helm dengan kaca visor terlalu gelap, karena itu akan membuat jarak pandang terbatas.

Itulah beberapa tips yang bisa di terapkan jika berkendara dalam kondisi hujan dan jalanan yang licin karena basah. Yang paling utama tetap mematuhi peraturan lalu lintas dalam berkendara, lengkapi surat-surat kendaraan bermotor, dan pastikan kendaraan dalam kondisi layak jalan saat ingin dipakai.

Sumber : oto.detik.com

Tag : kendaraan bermotor, hujan, jalanan licin, berkendara dijalan licin, jalanan licin setelah hujan, berkendara saat hujan, tips berkendara dijalan licin, trik berkendara di jalan licin, cara berkendara di jalan licin, trik berkendara dijalan licin setelah hujan, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Peduli dan Berbagi