Minggu, 20 Januari 2019

Fakta dan Mitos Penyakit Asma Yang Harus Diketahui

Beberapa fakta dan mitos seputar penyakit asma yang perlu diketahui. (Gambar by emc.id)
IndoNewz.com - Orang yang menderita penyakit asma cenderung tidak boleh melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat. Akibatnya penderitanya akan mengalami kelelahan dan sulit untuk bernafas. Sampai saat ini, penyebab asma pun belum diketahui secara pasti. Lalu apa sebenarnya penyakit asma itu?

Asma adalah penyakit kronis yang disebabkan oleh peradangan dalam saluran pernapasan. Peradangan ini membuat saluran pernapasan bengkak dan sangat sensitif. Akibatnya, saluran pernapasan menyempit, menyebabkan kurangnya udara yang mengalir ke paru-paru.

Banyak fakta dan mitos yang beredar di masyarakat seputar penyakit asma ini. Lalu apa saja yang termasuk fakta dan mitos tersebut? Berikut adalah penjelasan dari dr.Yahya, SpP dalam program "Ayo Hidup Sehat" di tvone beberapa waktu lalu.

1. Penderita asma tidak boleh berolahraga

Jawab : Mitos, ada beberapa olahraga yang tidak memerlukan waktu yang lama seperti jalan kaki, renang, atau voli yang dianjurkan untuk penderita asma. Namun, olahraga yang memerlukan waktu panjang seperti sepak bola atau basket sebaiknya tidak dilakukan penderita asma.

2. Asma adalah penyakit keturunan

Jawab : Fakta, sebagian besar penderita asma memiliki riwayat keluarga seperti ayah, ibu, kakek, atau nenek yang juga penderita asma. Tapi, ada sebagian kecil penderita asma yang dipicu saat bekerja misalnya di perusahaan dengan tingkat alergi tinggi seperti kapas, kain, atau garmen. Atau, tempat bekerja yang berhubungan dengan udara luar seperti polusi pabrik.

3. Renang bisa menjadi terapi sembuhkan asma

Jawab : Fakta, namun renang bukanlah terapi utama melainkan terapi suportif atau terapi yang memperkuat kerja obat-obatan saja. Renang memperkuat daya tahan tubuh sehingga tidak mudah alergi atau sensitif terhadap hal tertentu seperti bulu binatang, debu rumah, maupun makanan yang membuat alergi.

4. Asma tidak bisa disembuhkan

Jawab : Fakta, asma memang merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan tapi bisa dikendalikan atau dikontrol dengan cara berobat rutin. Selain itu, penderita asma juga harus paham mengenai alergi yang dideritanya, bisa terhadap makanan atau bahan tertentu serta olahraga yang mendukung daya tahan tubuh supaya tidak mudah terserang asma.

Jika Anda memiliki asma, kendalikan penyakit Anda dengan mengenali apa yang mencetuskan kambuhnya asma, misalnya stres, salah makan, iklim luar yang terlalu dingin, atau debu. Lalu, lakukan olahraga yang meningkatkan daya tahan tubuh. Olahraga yang dianjurkan adalah berjalan kaki selama 30 menit, berenang, atau voli.

Jangan lupa juga untuk mengkonsultasikan ke dokter spesialis paru obat apa yang tepat untuk Anda. Terapi asma bersifat individual dalam hal ukuran, dosis, dan kanan diperlukannya.

Bagi yang belum menderita asma namun memiliki riwayat penyakit asma dalam keluarga, hindarilah hal yang mencetuskan asma. Jangan merokok, serta hindari tinggal di daerah berpolusi tinggi dan daerah dengan cuaca ekstrem. Selain itu, berolahragalah agar daya tahan tubuh lebih kuat.

Sumber : viva.co.id

Tag : apa itu asma, penyebab penyakit asma, cara penanganan penyakit asma, cara menyembuhkan penyakit asma, fakta seputar asma, mitos seputar asma, fakta dan mitos seputar asma, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Peduli dan Berbagi