Rabu, 16 Januari 2019

Duduk Terlalu Lama Bisa Menyebabkan Kematian, Benarkah?

Ilustrasi duduk lama di kantor (Gambar by feed.merdeka.com)
IndoNewz.com - Hidup di kota besar dengan jumlah penduduk yang padat dan mobilitas yang tinggi membuat rutinitas harian peduduknya juga ikutan padat. Rutinitas harian yang tinggi, seperti sekolah dan bekerja yang menghabiskan waktu hingga berjam-jam, membuat pelakunya melupakan pola hidup sehat. Bagi pelajar dan pekerja kantoran akan sering menghabiskan waktunya di tempat duduk. Menurut penelitian, duduk terlalu lama bisa menyebabkan masalah kesehatan hingga mengakibatkan kematian mendadak.

Untuk mengurangi resiko kematian mendadak, peneliti menemukan bahwa menukar setengah jam duduk dengan aktivitas fisik dapat mengurangi sepertiga resiko kematian mendadak. Sebuah studi dari Columbia University Irving Medical Centre, juga menjelaskan bahwa aktivitas fisik dengan intensitas rendah bisa menurunkan 17 persen resikonya. Sedangkan aktivitas dengan intensitas berat bisa menurunkan hingga 35 persen resikonya.

Dr Keith Diaz yang menjadi ketua peneliti dalam penelitian yang dilakukan sejak 2017 lalu menjelaskan bahwa umumnya manusia beristirahat selama 30 menit setelah seharian duduk. Lalu selama 30 menit itu, kita bisa melakukan beberapa aktivitas sederhana, seperti mengambil air minum, berjalan ke meja teman, pergi membeli makan atau minum dengan berjalan kaki, dan masih banyak lainnya.

Dr Keith Diaz juga berharap kalau aktivitas yang dilakukan itu, rutin untuk dikerjakan agar terasa manfaatnya. Pesan yang ingin ia sampaikan adalah setiap orang bisa melakukan pola hidup sehat meski melakukan pola hidup sedentari.

Pola hidup sedentari itu sendiri adalah kebiasaan-kebiasaan dalam kehidupan seseorang yang tidak banyak melakukan aktivitas fisik atau tidak banyak melakukan gerakan.

Kedepannya, Dr Keith Diaz dan timnya akan melakukan penelitian tentang resiko kardiovaskular yang terkait dengan kematian akibat terlalu banyak duduk.

Sumber : health.detik.com

Tag : banyak duduk, akibat banyak duduk, resiko banyak duduk, terlalu lama duduk, penyakit akibat terlalu lama duduk, kematian mendadak akibat terlalu lama duduk, resiko kematian mendadak akibat terlalu lama duduk, hubungan terlalu lama duduk dengan kematian mendadak, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019