Selasa, 21 November 2017

Pentingnya Mencuci Baju Yang Baru Dibeli Sebelum Dipakai

Pentingnya mencuci baju baru yang dibeli sebelum dipakai guna menghindari terjadinya iritasi pada kulit (Ilustrasi gambar by netralnews.com)
IndoNewz.com - Saat orang membeli baju baru, kebanyakan dari mereka akan langsung mengenakannya begitu sampai dirumah. Saking bersemangatnya ingin memakai baju baru, mereka lupa untuk mencucinya terlebih dahulu.

Mencuci baju baru sebelum dipakai sangatlah penting guna menghindari masalah kesehatan yang akan terjadi, misalnya kulit sensitif. Baju baru memang terlihat aman untuk dipakai, namun bahaya yang mengintai perlu diperhatikan, seperti kuman dan bakteri yang menempel pada pakaian.

Baju baru yang diambil langsung dari etalase toko ataupun dari gudang, tetap menyimpan bahaya, seperti kuman dan bakteri. Apabila baju baru itu langsung digunakan dan menyentuh kulit yang sensitif, bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Kita sebagai konsumen tidak pernah tahu mengenai bagaimana pakaian baru itu disimpan. Pakaian baru yang digunakan oleh boneka, seringkali tanpa disadari sudah disentuh oleh banyak orang. Selain itu, debu dan kotoran pun juga bisa menempel pada pakaian itu.

Pada pakaian baru, terkadang zat-zat kimia yang digunakan masih menempel pada pakaian. Jika zat-zat kimia itu menempel pada kulit, akan menyebabkan iritasi, alergi, atau gatal.

Berikut adalah zat-zat kimia yang biasa ditemukan pada pakaian baru :

-Chromium IV : sering ditemukan pada bahan kulit dan wol yang dapat menyebabkan kontak dermatitis

-DMF : digunakan untuk mencegah jamur dan produk pakaian dari kulit menjadi lembab. DMF dapat menyebabkan eksim yang sulit diobati.

-Alkofenon : digunakan untuk produksi tekstil dan kulit, merupakan zat yang beracun bagi lingkungan.

-Pewarna dispersi : yang bisa menyebabkan alergi dan ruam.

-Pewarna azo : sering digunakan dalam proses pewarnaan tekstil. Baru-baru ini diketahui bahwa beberapa agen pewarna dalam azo mungkin bersifat karsinogenik dan mutagenik. Penemuan ini telah dilakukan oleh EU REACH (Europian Union Registration, Evaluation, Authorization and Restriction of Chemicals), sebuah badan legalasi dari Uni Eropa.

-Formalin : digunakan untuk proses finishing kain. Paparan rendah zat ini mengiritasi mata, hidung, tenggorokan dan bisa menyebabkan alergi yang mempengaruhi kulit dan paru-paru.

-Fenol terklorinasi : digunakan dalam pengolahan tekstil. Kontak dengan bahan ini terutama dalam bentuk uap bisa mengiritasi kulit, mata, dan mulut.

Begitu pentingnya mencuci baju baru sebelum dipakai akan mencegah kita dari iritasi kulit, terutama bagi yang memiliki kulit sangat sensitif. Selain itu, mencuci baju baru sebelum dipakai juga akan menghindarkan kita dari berbagai macam virus, kuman, atau bakteri.

Sumber : lifestyle.kompas.com

Tag : beli baju baru, mencuci pakaian baru, mencuci baju baru, mencuci pakaian baru sebelum dipakai, mencuci baju baru sebelum dipakai, pentingnya mencuci baju baru sebelum dipakai, zat kimia yang menempel pada baju baru, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019