Jumat, 18 Mei 2018

Syarat Bisa Berpuasa Bagi Penderita Sakit Maag

Ilustrasi sakit maag (gambar by obatmaag.co.id)
IndoNewz.com - Puasa di Bulan Ramadhan bagi umat Islam hukumnya adalah wajib. Puasa merupakan kegiatan untuk tidak makan dan minum selama kurang lebih 12 jam. Selama puasa, pola makan kita sudah pasti berubah, dari yang sebelumnya tiga kali menjadi dua kali sehari. Lalu bagaimanakan dengan orang yang menderita sakit maag, apakah aman untuk menjalankan puasa?

Sakit maag itu sendiri digolongkan menjadi dua macam, yakni fungsional dan organik. Untuk mengetahui jenis maag yang diderita oleh pasien, biasanya akan dilakukan pemeriksaan endoskopi atau upper gasrtrointestinal tract, yaitu pasien dicek pencernaannya dengan kamera yang dimasukan melalui mulut.

Maag jenis fungsional dipengaruhi oleh faktor genetik dan psikososial, misal gaya hidup, porsi makan, dan cemas berlebihan. Sedangkan sakit maag karena organik muncul akibat kelainan atau luka pada organ tubuh lain sehingga berefek pada nyeri di perut. Misalnya, penyakit refluks gastroesofageal (GERD), intoleransi obat atau makanan dan kelainan pankreas.

Umumnya, pasien dengan maag fungsional diperbolehkan untuk berpuasa. Sedangkan untuk pasien maag karena organik, berpuasa bisa memperparah kondisi tubuh jika tidak ditangani dengan baik.

Berikut adalah anjuran bagi penderita sakit maag di bulan puasa :

1. Pilih makanan yang lambat dicerna, seperti kurma, kacang almond, dan pisang.

2. Minum yang banyak, minum air putih minimal 8 gelas sehari  untuk mengganti cairan yang hilang selama puasa.

3. Hindari makanan yang bisa meningkatkan asam lambung misalnya, cokelat, gorengan, buah yang asam seperti jeruk, lemon, dan tomat.

4. Hindari makanan yang bisa menimbulkan gangguan lambung misal, cuka, lada, makanan pedas.

5. Jangan langsung tidur setelah makan, hal ini bisa meningkatkan resiko terkena stomach acid reflux atau kondisi di mana cairan lambung dimuntahkan kembali.

6. Hindari alkohol. Alkohol dapat melemahkan katup antara lambung dan esofagus, sehingga beresiko terhadap peningkatan asam lambung.

7. Hindari stres. Stres hanya akan meningkatkan volume asam lambung.

Sumber : cnnindonesia.com

Tag : sakit maag, penyebab sakit maag, gejala sakit maag, ramadhan, bulan puasa, penderita maag berpuasa, tips puasa bagi penderita maag, syarat puasa bagi penderita maag, cara mudah puasa penderita maag, penderita maag bisa tetap puasa, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019