Selasa, 22 Mei 2018

Cara Merawat Ban Motor Supaya Bisa Tahan Lama

Ilustrasi ban sepeda motor yang harus diganti (Gambar by otojurnalisme.com)
IndoNewz.com - Bagi yang setiap harinya beraktivitas menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua atau empat, tidak ada salahnya untuk melakukan perawatan terhadap komponen-komponen yang ada di dalamnya. Salah satu komponen yang menjadi perhatian adalah ban.

Seperti halnya komponen lainnya, ban juga memiliki usia pakai. Penggunaan ban juga bisa cepat habis atau lama, semua itu tergantung dari bagaimana cara pengemudi mengemudikan kendaraannya. Umumnya sebuah ban motor dirancang untuk jangka waktu pemakaian 1,5 - 2 tahun. Namun karena beberapa kesalahan yang tidak disadari, membuat ban bisa cepat habis.

Kesalahan yang bisa membuat ban cepat habis atau gundul :

1. Standar samping

Penggunaan standar samping ternyata bisa membuat beban motor terpusat hanya di satu sisi saja. Akibatnya shockbreaker juga menjadi condong ke kiri dan menekan ban sebelah kiri. Hal itu akan membuat ban motor sebelah kiri menjadi cepat abis.

2. Tekanan angin kurang

Tekanan angin untuk setiap ban akan berbeda-beda tergantung dari pabrik masing-masing. Jika tekanan angin tidak sesuai dengan rekomendasi, akan membuat ban semakin menapak ke aspal. Hal ini akan membuat permukaan ban semakin cepat abis.

3. Mengangkut beban berat

Seringnya pengemudi membawa beban yang melebihi bobot maksimum motor, tentunya akan membuat ban semakin tertekan ke aspal dan melebar. Selain berbahaya, jika hal ini terus dilakukan akan membuat ban cepat abis.

4. Jarang membersihkan ban

Seringnya berkendara tentu membuat ban menjadi kotor, banyak zat-zat kimia, seperti cat, oli, bensin, air sabun, dan lainnya yang menempel pada ban, bisa membuat permukaan ban cepat abis. Karena itu sering-seringlah untuk membersihkan ban jika sudah nampak kotor. Hindari pemakaian sabun colek dalam mencucinya. Cukup dengan basahi ban, lalu disikat, kemudian dibilas dengan air.

5. Berkendara dengan kecepatan tinggi

Kebiasaan mengerem pada saat mengendarai motor dengan kecepatan tinggi akan membuat ban lebih cepat gundul, apalagi jika pengemudi sering melakukan pengereman secara mendadak.

Lalu bagaimana cara merawat ban supaya lebih tahan lama, berikut adalah cara yang bisa dilakukan sendiri.

Pertama, perhatikan alur di permukaan ban, kemudiaan tekanan angin juga sangat penting, karena dapat mempengaruhi penggunaan ban. Bila tekanan angin dalam ban telah sesuai, maka sepeda motor akan lebih nyaman dikendarai.

Kedua, gunakan angin nitrogen, terutama untuk pengendara motor harian dan perjalanan yang jauh. Setiap seminggu atau dua minggu sekali, pastikan untuk memeriksa tekanan angin ban.

Ketiga, jika ban motor dalam keadaan kempes, maka jangan dipaksakan untuk berkendara karena akan membuat ban menjadi tampak benjol atau bergelembung.

Keempat, agar tetap awet, hindari berkendara di jalan yang dicor karena bisa menyebabkan permukaan ban motor cepat tipis.

Kelima, hindari membawa beban yang melebihi kapasitas ketahanan motor. Sebab hal ini dapat membuat ban cepat rusak.

Keenam, hindari jalan berlubang atau menghentikan laju kendaraan secara mendadak yang membuat ban menjadi cepat aus.

Ketujuh, agar ban tidak mudah sobek atau mengalami retakan, hindari ban motor dari tumpahan bahan berminyak seperti bensin atau oli. Cairan berminyak dapat merusak elastisitas karet ban sehingga manjadi rentan sobek.

Kedelapan, mencuci ban dengan air sabun secara berlebih dan dalam waktu yang lama, juga dapat merusak ban.

Sumber : liputan6.com

Tag : penyebab ban cepat abis, penyebab ban cepat botak, penyebab ban cepat aus, penyeban ban cepat gundul, cara mudah merawat ban sepeda motor, cara merawat ban supaya tahan lama, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019