Kamis, 10 Mei 2018

Hindari Boros di Bulan Ramadhan Dengan Cara Mudah Berikut Ini

Ilustrasi anggaran yang dimiliki (Gambar by tribunnews.com)
IndoNewz.com - Bulan Ramadhan akan datang kembali menjumpai umat Islam di seluruh dunia. Di Bulan Ramadhan ini setiap umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa, menahan diri dara rasa lapar, haus, dan hawa nafsu selama sebulan lamanya.

Dengan berpuasa selama sebulan, seharusnya pengeluaran sehari-hari bisa berkurang. Namun yang terjadi justru sebaliknya, pengeluaran dibulan puasa malah lebih tinggi dari bulan lainnya. Hal ini terjadi karena biaya yang dikeluarkan untuk menu berbuka puasa dan sahur cukup besar.

Karena seharian tidak makan dan minum, jadi saat berbuka puasa, setiap makanan dan minuman yang diinginkan harus dibeli. Belum lagi ditambah dengan kegiatan-kegiatan yang rutin terjadi di bulan puasa, yakni buka puasa bersama.

Buka puasa bersama dengan teman-teman dengan jumlah yang berkali-kali dianggap salah satu yang menyebabkan pengeluaran di bulan puasa menjadi lebih besar alias boros. Lalu karena Bulan Ramadhan adalah bulan yang spesial, jadi menu berbuka dan sahur pun juga harus spesial. Akhirnya pengeluaran untuk itu jadi bertambah.

Dilansir dari berbagai artikel, ada cara-cara yang bisa dilakukan agar pengeluaran di bulan puasa tetap terjaga. Pertama adalah dengan mengingat tujuan dari puasa itu sendiri. Tujuan dari berpuasa adalah melatih kesabaran dengan  mengingat kesusahan orang lain.

Kedua, dengan membuat anggaran pengeluaran selama Bulan Ramadhan, pengeluaran-pengeluaran lain yang biasanya ada di hari-hari biasa bisa dipangkas. Misalnya jatah rokok yang harusnya 1 bungkus sehari, berubah jadi 1 bungkus dua hari. Lalu uang untuk makan siang maupun jajan sore bisa juga untuk dikurangi.

Ketiga, menabung untuk kebutuhan lainnya yang diperlukan selama Bulan Ramadhan. Misalnya uang THR untuk pegawai dirumah, tiket mudik, beli kebutuhan lebaran, zakat, dan lainnya.

Dengan menerapakan cara-cara seperti yang diatas, diharapkan masyarakat bisa lebih berhemat dan tidak boros dalam pengeluaran selama di Bulan Ramadhan. Dengan begitu ibadah puasa jadi lebih baik dan bermanfaat.

Sumber : indonewz.com

Tag : bulan ramadhan, pengeluaran di bulan ramadhan, menyiasati pengeluaran di bulan ramadhan, cara berhemat di bulan ramadhan, cega boros di bulan ramadhan, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019