Senin, 04 Maret 2019

3 Mitos dan Fakta Seputar Baterai Ponsel Yang Beredar Di Masyarakat

Ilustrasi baterai ponsel (gambar by tempo.co)
IndoNewz.com - Perkembangan dunia digital yang semakin baik membuat produsen pembuat smartphone terus meningkatkan kualitas produknya. Salah satu komponen penting yang sering dijadikan acuan ketika ingin membeli smartphone adalah baterai.

Banyak yang sering bertanya, apakah baterai smartphone itu tahan lama atau awet?, ada juga yang bertanya, bagaimana cara melakukan pengisian baterai smartphone yang benar?. Pertanyaan-pertanyaan seperti itu terkadang memiliki jawaban yang beragam, jadi banyak masyarakat yang menjadi simpang siur dan bingung akan informasi tersebut sehingga lama kelamaan informasi itu menjadi sebuah mitos.

Berikut ini adalah tiga mitos yang berkaitan erat dengan baterai smartphone :

1. Charger ponsel sepanjang malam bikin baterai rusak

Mengisi daya atau mencharge ponsel sepanjang malam akan mengurangi kualitas baterai, ini adalah mitos. Faktanya, baterai di dalam ponsel diprogram untuk mati ketika muatan mencapai 100 persen atau 4,1 volt.

Fakta ini juga menunjukkan bahwa pemilik ponsel tidak perlu lagi khawatir mengenai ketentuan pengisian baterai, jika mereka tertidur hingga pagi dan lupa mencabut charger yang mengaliri listrik ke ponselnya.

2. Habiskan baterai sebelum diisi kembali

Ini adalah mitos. Faktanya, pengguna tidak perlu menunggu sampai baterai benar-benar habis untuk kembali mengisi daya. Ada baiknya pemilik mengisi daya baterai dengan cara sedikit demi sedikit sepanjang waktu. Idealnya, daya baterai ponsel berada di 40-80 persen.

3. Suhu panas tidak memengaruhi baterai

Ketika musim dingin tiba, maka suhu panas pada ponsel tetap tidak bisa dihindari. Seringkali pengguna mengatakan pengisian daya yang berlebihan adalah masalah naiknya suhu. Faktanya, yang harus dipermasalahkan adalah panas Matahari yang dapat memengaruhi baterai.

Jika Anda meninggalkan ponsel di tempat yang langsung terpapar matahari, maka baterainya akan lebih cepat habis. Akan lebih aman jika berada di suhu 32-95 derajat fahrenheit atau 0-35 derajat celcius.

Itulah tiga mitos dan fakta seputar baterai ponsel yang beredar di masyarakat saat ini. Semoga penjelasan diatas bisa mengurangi keraguan mengenai mitos baterai ponsel.

Sumber : viva.co.id

Tag : baterai handphone, baterai smartphone, baterai ponsel, mitos baterai handphone, mitos baterai smartphone, mitos baterai ponsel, mitos dan fakta seputar baterai handphone, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019