Kamis, 14 Maret 2019

Pengguna Keluhkan Error Pada Facebook dan Instagram Hari Ini

Tampilan pesan error pada Facebook. (Gambar by pekanbaru.tribunnews.com)
IndoNewz.com - Setiap harinya kita membutuhkan berbagai macam informasi, baik informasi yang penting atau hanya untuk sekedar hiburan saja. Berbagai macam informasi bisa kita temui dengan cepat melalui sosial media. Tidak heran kalau pengguna atau pemilik akun sosial media saat ini begitu banyak, mulai dari usia muda hingga dewasa. Sosial media yang cukup populer saat ini adalah Facebook dan Instagram.

Namun untuk hari ini, Kamis (14/3/2019), Facebook dan Instagram dinyatakan error untuk beberapa pengguna di seluruh dunia saat ini. Meskipun Anda dapat membuka kedua platform, sepertinya Anda tidak dapat mengirim atau menerima pesan di kedua platform, dan Anda juga tidak dapat memposting konten baru.

Sementara itu, WhatsApp tampaknya baik-baik saja bagi banyak orang, tetapi pengguna di Paraguay, India, Bangladesh, Argentina, dan banyak lagi mencatat bahwa mereka mengalami masalah dengan pengiriman pesan.

DownDetector menunjukkan bahwa mereka yang berada di Brasil mengalami pemadaman paling parah. Dilansir the verge.com ditemukan Messenger tidak dapat memuat sama sekali di desktop, meskipun aplikasi seluler berfungsi.

Instagram lebih buruk, posting tidak dimuat, cerita Instagram tidak aktif, dan pesan langsung dan tombol untuk mengirim konten baru juga tidak berfungsi. Bagian iklan Facebook juga tidak berfungsi, dan itu menyebabkan kesalahan internal ketika Anda mencoba membeli iklan.

Sekitar satu jam setelah pengguna mencatat pemadaman, Facebook merespons di Twitter. Ia juga mencatat bahwa "masalah ini tidak terkait dengan serangan DDoS".

Menurut DownDetector, sepertinya pemadaman terutama di New England, Texas, Seattle, Washington, bagian dari Amerika Latin, termasuk Peru, Inggris, India, dan Filipina.

Pengguna telah menulis dari Kanada, Las Vegas, dan Turki untuk mencatat pemadaman di sana juga. Kami telah menjangkau Facebook dan Instagram untuk mempelajari lebih lanjut.

Sementara itu di Indonesia juga mengalami hal yang sama. Pengguna tidak bisa membagikan link berita di Facebook dan Instastories Instagram. Hingga saat ini pengguna jejaring sosial Facebook dan Instagram melaporkan masih belum bisa menggunakan akun mereka atau error. 

Tidak hanya Facebook dan Instagram,  WhatsApp dilaporkan sempat mengalami gangguan secara global. Pengguna melaporkan bahwa mereka sama sekali tidak bisa menggunakan ketiga platform ini untuk berkomunikasi.

Para pengguna mengatakan mereka mengalami kendala saat mengirim pesan menggunakan Messenger, memposting konten di Facebook, Instagram serta WhatsApp.

Bahkan menurut sejumlah pengguna, fitur-fitur utama seperti Instagram Stories, direct message, dan tombol untuk mempublikasi konten baru juga tidak bisa digunakan. Gangguan ini terjadi pada Kamis, (14/3/2019) dini hari waktu Indonesia atau pukul 1 siang waktu AS.

Facebook dan Instagram error ini masih terjadi dan dikeluhkan sejumlah penggunanya. Melalui akun Twitternya, Facebook sendiri belum menjelaskan penyebab gangguan, tetapi mereka mengonfirmasi bahwa gangguan ini bukan disebabkan oleh adanya serangan DDoS.

"Kami menyadari bahwa beberapa orang saat ini mengalami masalah untuk mengakses kumpulan aplikasi milik Facebook. Kami sedang bekerja untuk mengatasi masalah ini secepat mungkin," tulis Facebook.

"Kami fokus untuk mengatasi masalah ini dengan cepat, tapi kami bisa memastikan bahwa gangguan ini tidak disebabkan oleh adanya serangan DDoS," lanjut mereka.

Akun media sosial Instagram pun menuliskan adanya masalah di layanan mereka dan berjanji mengatasinya secepat mungkin.

Sejumlah pengguna di beberapa negara melaporkan masih mengalami gangguan pada akun Facebook maupun Instagram miliknya. Bahkan masalah ini kemudian berdampak pada layanan lain yang terhubung dengan Facebook seperti Oculus VR.

Menurut halaman DownDetector, gangguan ini dimulai dari wilayah Amerika Serikat yang kemudian merambah ke wilayah Eropa dan Australia. DownDetector mencatat bahwa wilayah Brazil mengalami gangguan yang paling parah.

Khusus untuk layanan Instagram dan Facebook, Indonesia juga disinyalir terkena dampak dari masalah ini. Masalah yang muncul seperti hilangnya tombol pada akun Instagram, tidak bisa memposting Instagram Stories dan muncul tulisan "couldn't refresh feed".

Sementara untuk layanan Messenger dan WhatsApp, pengguna belum menemukan adanya masalah yang terjadi. Namun sejumlah pengguna lain, melaporkan mendapatkan masalah saat mengirim foto atau dokumen di WhatsApp.

Gangguan seperti ini juga pernah terjadi pada 2017 lalu. Saat itu sejumlah pengguna melaporkan tidak dapat mengakses aplikasi dan tak dapat berkirim pesan satu sama lain.

Sumber : pekanbaru.tribunnews.com

Tag : facebook, instagram, facebook error, instagram error, whatsapp, whatsapp error, gangguan pada facebook, gangguan pada instagram, penyebab facebook error, penyebab insatgram error, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019