Rabu, 06 Februari 2019

Alasan Belajar Motor Jangan Menggunakan Matic

Ilustrasi penggunaan motor matic. (Gambar by motorsiana.com)
IndoNewz.com - Tidak dapat dipungkiri lagi kalau saat ini banyak orang yang lebih memilih menggunakan sepeda motor untuk beragam aktifitasnya. Selain faktor jalanan kota-kota besar yang cenderung untuk macet pada jam-jam sibuk, alasan lain dipilihnya sepeda motor sebagai kendaraan operasional karena lebih mudah untuk menembus kemacetan yang ada.

Sepeda motor di Indonesia saat ini menjadi primadona untuk sejumlah kalangan. Tidak heran model sepeda motorpun juga beragam, mulai dari bebek, sport, adventure, hingga matic. Untuk tipe yang terakhir, merupakan tipe yang paling banyak disukai masyarakat Indonesia.

Alasan banyak pengguna yang memilih sepeda motor matic karena pengoperasiannya yang begitu mudah. Jika sebelumnya pengguna sudah mahir dalam menggunakan sepeda, maka untuk menggunakan matic tidak banyak ditemui kesulitan. Pengguna hanya perlu memutar gas dan memainkan tuas rem depan dan belakang menggunakan tangan.

Namun, karena pengoperasiannya yang cenderung mudah, banyak anak dibawah umur yang sudah menggunakan sepeda motor matic karena sebelumnya sudah terbiasa mengayuh sepeda. Bahkan orang dewasa yang belum mahir dan cenderung sekedar bisa menggunakan matic untuk berkendara di jalan raya. Hal ini tentu menjadi efek yang buruk bagi penggunaan motor matic.

Dilansir dari laman resmi Suzuki, saat pengendara bisa naik motor dengan pengoperasian manual, akan secara otomatis ia pasti bisa menggunakan skutik. Tapi, hal sebaliknya belum tentu bisa terjadi.

Mereka yang belajar motor matik, feeling pengaturan gas dan persneling tidak akan sebaik mereka yang belajar dengan motor manual. Keuntungan belajar menggunakan motor manual, koordinasi antara gas dan kopling benar-benar tertata.

Saat belajar motor manual, pengendara dituntut untuk mampu membuka dan menutup gas ketika harus ganti gigi. Secara refleks, hal ini bisa membuat pengendara terbiasa untuk menutup gas ketika pengereman.

Secara tidak sadar, pengendara bisa belajar kontrol buka-tutup gas. Sehingga, saat mereka mengendarai motor matik, sudah mengerti kontrol gasnya seberapa yang aman.

Sumber : viva.co.id

Tag : sepeda motor matic, skuter matic, belajar motor dengan skuter matic, alasan belajar motor menggunakan skuter matic, mengapa skuter matic banyak digunakan untuk belajar motor, skuter matic banyak disukai orang indonesia, jangan belajar motor dengan skuter matic, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019