Rabu, 12 September 2018

Tanda-Tanda Kampas Rem Motor Mulai Habis

Mekanik sedang melakukan pemeriksaan terhadap kampas rem sepeda motor. (Foto by tribunnews.com)
IndoNewz.com - Untuk menghadapi situasi jalanan yang kadang berubah setiap waktunya, seperti yang awalnya lancar berubah menjadi macet, membuat masyarakat membutuhkan kendaraan yang mumpuni untuk menghadapi situasi tersebut.

Tidak sedikit masyarakat yang menjadikan sepeda motor sebagai mode transportasi yang dipilih. Bentuknya yang tidak besar dan kemampuannya menembus kemacetan dinilai sangat cocok. Namun untuk bisa berkendara dengan aman dan nyaman, perawatan secara rutin terhadap sepeda motor sangat diperlukan.

Salah satu bagian yang harus mendapat perhatian adalah kampas rem, yang merupakan salah satu komponen keselamatan dalam berkendara. Jika kampas rem tidak dalam kondisi maksimal, maka kendaraan tidak akan bisa melakukan pengereman dengan maksimal. Hasilnya kendaraan tidak akan bisa berhenti meski sudah dilakukan pengereman.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan saat berkendara, maka perlu dilakukan pemeriksaan dini dengan melihat ciri-ciri fisik dan non fisik kampas rem sepeda motor mulai mendekati habis. Bila ada komponen yang mesti disetel ulang atau diperbaiki, maka segera lakukan perbaikan.

Secara umum tanda kampas rem bermasalah adalah dengan munculnya bunyi pada saat melakukan pengereman. Namun banyak yang beranggapan kalau asal bunyi itu karena kampas rem yang kotor atau kampas rem saat terkena air dan basah.

Jika hal itu terus dibiarkan, maka dapat berakibat fatal. Kampas rem yang habis hanya akan meninggalkan besi penampangnya, teromol dan cakrampun bisaterkena imbasnya. Lama kelamaan cakram menjadi tidak rata dan bergelombang. Jika sudah tergerus parah maka disc brake harus diganti.

Untuk memantau kondisi kampas rem, setiap motor dilengkapi oleh indikator. Indikator untuk rem tipe teromol biasanya terdapat tanda penunjuk alias kepala ayam di bagian tuas rem dekat roda.
Namun, tipe cakram dapat melihat posisi indikator minyak di master rem.
Jika dalam kondisi standar minyak rem turun ke lower, itu tanda sudah menipisnya kampas rem.

Ciri lain untuk mengetahui kampas rem mulai tipis dan minta diganti adalah ketebalan kampas sudah mendekati angka 2 mm. Lebih mudah lagi kalau lubang (nut) penyekat sisa serbuk kampas sudah tipis. Pastikan juga permukaan warna kampas nggak mengkilap. Apalagi di gosok tetap tidak bisa hilang. Itu tanda kampas sudah keras dan tidak maksimal menjepit lantaran licin permukaannya.

Sumber : gridoto.com

Tag : kampas rem motor mulai habis, kampas rem motor sudah habis, tanda kampas rem motor habis, ciri kampas rem motor habis, kenali tanda kampas rem motor mulai habis, waktu ganti kampas rem motor yang mulai habis, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019