Sabtu, 15 September 2018

Sisi Positif dan Negatif Mengonsumsi Ceker Ayam

Ceker ayam yang banyak disukai oleh banyak kalangan masyarakat (Foto by food.detik.com)
IndoNewz.com - Saat ini olahan makanan berbahan dasar ceker ayam sedang digandrungi banyak orang. Ceker ayam yang dulunya kurang diminati, kini menjadi jajanan kesukaan mulai dari anak kecil hingga orang tua. Ceker ayam hanya mengandung tulang, kulit, dan tendon. Sehingga tidak akan ditemukan daging bahkan otot dari ceker ayam.

Kenikmatan mengonsumsi ceker ayam ini ternyata memiliki dua sisi, yakni positif dan negatif. Sisi positifnya adalah ceker ayam mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tapi sayang cara pengolahan yang kurang tepat malah membuat nutrisinya terbuang. Agar nutrisinya tidak terbuang dengan percuma, cara yang baik adalah dengan membuatnya menjadi kaldu.

Berikut adalah kandungan yang bisa didapatkan dari ceker ayam :

1. Mineral, seperti kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor. Mineral-mineral ini penting dalam mendukung sirkulasi darah yang sehat, kepadatan dan kesehatan tulang, kesehatan saraf, kesehatan jantung, dan kesehatan pencernaan.

2. Glukosamin. Kandungan ini dapat mendukung kekuatan sendi. Sehingga, Anda terhindar dari penyakit radang sendi atau nyeri sendi.

3. Asam hialuronat. Senyawa ini dapat mendukung kesehatan jaringan, seperti peremajaan sel dan kekuatan sel kulit.

4. Kondroitin sulfat. Kandungan ini memiliki manfaat yang sama dengan glukosamin, yaitu untuk menopang kesehatan sendi. Selain itu, kondroitin juga dapat mendukung respon peradangan, kesehatan jantung, dan kesehatan kulit.

5. Kolagen. Tulang ceker ayam juga mengandung kadar kolagen yang tinggi, di mana kolagen ini berperan penting dalam fungsi tubuh. Seperti, untuk membantu menjaga kesehatan kulit, memperkuat struktur pembuluh darah, memperkuat struktur tulang, dan melindungi lapisan saluran cerna.

Selain manfaat positif, memakan ceker ayam juga memiliki sisi negatifnya. Bagian ceker ayam yang ditutupi penuh oleh kulit ternyata mengandung lemak jenuh yang tinggi. Kandungan lemak jenuh yang tinggi dapat menyebabkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh meningkat. Kadar kolesterol yang tinggi tersebut apabila dibiarkan, lama kelamaan dapat menyumbat pembuluh darah yang mengalirkan darah ke otot jantung yang berakibat terkena penyakit jantung.

Untuk mendapatkan semua kandungan baik dari ceker ayam, maka pilihlah ayam yang memiliki kualitas yang baik pula. Jangan pilih sembarangan ayam, terutama ayam-ayam yang sudah disuntikan bahan-bahan yang berbahaya.

Sumber : hellosehat.com

Tag : ceker ayam, makan ceker ayam, mengonsumsi ceker ayam, khasiat dari ceker ayam, manfaat dari ceker ayam, kegunaan dari ceker ayam, kelebihan dan kekurangan ceker ayam, dampak positif dan negatif mengonsumsi ceker ayam, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019