Rabu, 18 April 2018

Yuk Cari Tahu Warna dan Fungsi Hand Strap di Gerbong Kereta MRT Jakarta

Perbedaan warna dan posisi hand strap di gerbong kereta MRT Jakarta (Foto by viva.co.id)
IndoNewz.com - Proyek Mass Rapid Transit (MRT) tidak lama lagi akan selesai. Hal itu terlihat dengan rangkaian kereta MRT yang dipesan dari Jepang sudah ada di Depo Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Rencananya dalam beberapa bulan lagi, kereta tersebut sudah bisa untuk dilakukan uji coba.

Sebagian besar warna yang digunakan adalah biru tua dengan serangkaian aturan yang ada di dalamnya. Aturan-aturan ini nantinya diharapkan bisa membuat masyarakat merasa nyaman saat menggunakannya.

Aturan yang ada di dalam kereta itu misalnya perbedaan warna bangku penumpang prioritas dan reguler. Bangku penumpang prioritas memiliki warna biru tua, sedangkan untuk penumpang reguler berwarna biru muda.

Sekilas kedua bangku tersebut tidak ada bedanya karena sama-sama menggunakan warna biru. Namun ada satu hal yang mencolok dari kedua bangku tersebut, yakni pada pegangan atau hand strap.

Hand strap adalah pegangan yang ada di dalam kereta untuk penumpang yang berdiri. Pada kereta MRT Jakarta, hand strap berwarna kuning mencolok dan diposisikan lebih rendah, menandakan ruang tersebut berfungsi sebagai kawasan bangku penumpang prioritas.

Apabila kereta MRT Jakarta mulai beroperasi dan bila Anda duduk atau berdiri di sejumlah tanda tersebut artinya Anda sedang berada di ruang prioritas. Sehingga, ke depan kita harus sadar dan mengingatkan penumpang lain akan hak penumpang prioritas di dalam kereta.

Kereta MRT yang baru datang ini adalah kereta baru yang dibuat oleh perusahaan kereta api Nippon Sharyo, Jepang. Pabrik kereta ini juga memproduksi kereta peluru terkenal Jepang yaitu Shinkansen. Kereta MRT Jakarta tersebut dikirim dari Jepang sejak 1 Maret 2018 dari pelabuhan Toyohashi, Jepang. Dan, berlabuh di pelabuhan Tanjung Priok pada Rabu, 4 April 2018.

Kedatangan kereta MRT Jakarta itu, terlambat dari perkiraan awal yaitu pada 23 Maret 2018. Hal itu dikarenakan kondisi cuaca selama dalam perjalanan, sehingga harus berlabuh di sejumlah pelabuhan terlebih dahulu.

Rangkaian kereta tersebut telah melakukan serangkaian pengujian di pabriknya, bahkan Dirut PT MRT Jakarta Wiliam Sabandar sempat melihat langsung proses pengujian tersebut dan menyatakan kekagumannya atas pesanannya itu kepada pabrikan Jepang.

Sumber : viva.co.id

Tag : mass rapid transit, kereta mrt jakarta, proyek kereta mrt jakarta, gerbong kereta mrt jakarta, pt mrt jakarta, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019