Rabu, 18 April 2018

Trik Menghindari Sistem Ganjil Genap di Jalan Tol

Uji coba atau sosialisasi sistem ganjil genap di Tol Jakarta - Cikampek (Foto by viva.co.id)
IndoNewz.com - Demi mengurangi antrian kendaraan di jalan tol, aturan ganjil genap mulai diberlakukan. Pro dan kontra tetap mewarnai kebijakan tersebut. Namun untuk mengantisipasi aturan ganjil genap di jalan tol, ada cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasinya.

Menurut Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa, ada tiga cara atau alternatif yang bisa dilakukan oleh masyarakat untuk menghindari sistem ganjil genap di jalan tol. Pertama adalah berangkat lebih awal, kedua gunakan jalur alternatif lain, dan ketiga gunakan kendaraan umum.

Menurut hasil pantauannya di Cibubur pintu masuk tol Jakarta, Royke menilai kondisinya sudah lebih lancar dibandingkan sebelumnya. Diduga kelancaran tersebut karena sudah adanya pemahaman dari masyarakat mengenai kebijakan ganjil genap di jalan tol.

Masyarakat sudah lebih paham karena sewaktu uji coba atau sosialisasi sistem ganjil genap, masyarakat yang melanggar belum dikenakan sanksi.

Terkait ketiga cara untuk menghindari sistem ganjil genap di jalan tol, Royke mengatakan bahwa sebanyak 66 persen para pengendara berangkat lebih pagi atau sebelum jam 06.00 WIB.

Sebanyak 10 persen memilih untuk melewati jalur alternatif atau jalur arteri untuk menghindari sistem ganjil genap di jalan tol. Lalu 10 persen lainnya lebih memilih untuk menggunakan kendaraan umum.

Sebelumnya aturan ganjil genap ini hanya berlaku di jalan- jalan protokol, seperti Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Thamrin, Jalan Gatot Soebroto, dan Jalan Medan Merdeka Barat. Karena dianggap efektif mengurangi kepadatan lalu lintas, maka sistem ini juga diterapkan di jalan tol.

Jalan tol yang sudah menerapkan sistem ganjil genap adalah Tol Jakarta - Cikampek sejak 12 Maret 2018. Lalu Tol Jakarta - Bogor - Ciawi (Jagorawi) yang diuji coba mulai 16 April 2018 dan Tol Jakarta - Tangerang yang sudah masuk rencana untuk menerapkan sistem ganjil genap di jalan tol.

Sumber : liputan6.com

Tag : sistem ganjil genap di jalan tol, aturan ganjil genap di jalan tol, kebijakan ganjil genap di jalan tol, cara menghindari sistem ganji genap di jalan tol, solusi antisipasi sistem ganjil genap di jalan tol, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019